Dalam dunia pendidikan saat ini khususnya yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran banyak sekali perangkat-perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat tes/ujian interaktif yang bisa membantu dan memudahkan para tenaga pendidik dalam melakukan evaluasi hasil belajar peserta didik baik yang freeware maupun shareware, antara lain  Hot Potatos, Adobe Flash, Wondershare quiz creator, Adobe captivate, Java quiz maker, Free Quiz Maker, Cobasoft Quiz Maker, Multiple Quiz Maker dan lain-lain.

Pada Kesempatan ini, penulis sekadar ingin berbagi mengenai salah satu perangkat LUNAK untuk membuat media Evaluasi/Quiz yaitu Wondershare Quiz Creator. Software ini memiliki kelebihan tersendiri serta mudah dioperasikan. Fitur – fitur yang menjadi kelebihan dari sofware ini antara lain seperti:
  1. Fitur untuk menyisipkan video, animasi dan suara kedalam soal, hal ini penting bagi guru bahasa, MIPA maupun IPS.
  2. Bisa mengolah simbol-simbol matematika
  3. Memiliki Counter down timer yang dapat membatasi waktu tes secara otomatis.
  4. Memudahkan guru dalam mengatur skor masing masing soal, dan nilai akhir terhitung secara otomatis.
  5. Hasil kreasi tes/quiz dapat dipublikasikan dalam format ms.word, excel, swf, dan ataupun exe.
Sofware Wondershare Quiz Creator ini bersifat shareware, namun kita dapat mencobanya dengan versi trialnya di alamat: http://www.wondershare.com/pro/quizcreator.html atau bisa langsung didownload DISINI  Setelah sofwarenya di Download Lakukan penginstalan dan setelah sofware selesai di instal dengan benar kemudian jalankan aplikasinya akan muncul tampilan seperti gambar berikut:









Selamat mencoba ...

0 comments:

Post a Comment

 
Top