Guru... apa sih sebernya guru itu? jika ditelusri lebih jauh ternyata guru itu adalah sebuah profesi. Profesi yang selama ini terpinggirkan dari profesi lain seperti dokter, akuntan, jurnalist, lawyer dan masih banyak lagi profesi yang lain.

Nampaknya profesi yang satu ini masih jarang orang yang mau mengakuinya sebagai profesi yang patut dibanggakan. Mengapa? karena orang kerap kali menganggap profesi ini adalah profesi yang terpinggirkan dan tidak ada perlindungan hukumnya bila dibandingkan profesi - profesi yang lain, yang sungguh luar biasa responnya dari berbagai kalangan. Namun disisi yang lain profesi guru seperti yang kita lihat dan baca dari berbagai berbagai media begitu gerjar mendapat sorotan. Entah itu guru dianggap tidak profesional, tidak bisa mendidik, dan lain sebagainya.

Bercermin dari situlah, celotehpun banyak bermunculan mengenai profesi ini, ada yang mengatakan sebagai pelarian karena terpaksa sehingga inilah yang menyebabkan profesi ini terkucil dari profesi yang lainnya.

Namun jarang diantara kita melihat profesi ini dari sisi positif seperti kata Bang Iwan Fals dalam salah satu syair lagunya "OEMAR BAKRI". kalau mau jujur profesi guru adalah profesi yang Mulia , karena lewat profesi gurulah sehingga ada yang bisa dinikmati sampai hari ini. Sadar atau tidak kita dengan hal itu tetapi itulah fakta yang ada...



0 comments:

Post a Comment

 
Top