Mutasi ataukah dipaksa pindah?

Istilah Mutasi sebenarnya bukanlah istilah yang baru dikalangan Pejabat, PNS, dan bahkan Karyawann tetapi istilah ini sudah ada sejak jaman dulu akan tetapi selalu memunculkan kontroversi dikalangan para PNS. Hal ini disebabkan karena Mutasi dilakukan tanpa alasan yang jelas seperti yang belakangan ini terjadi ditempat saya. Ada beberapa rekan yang dimutasi dengan tiba – tiba tanpa alasan yang jelas sehingga inipun memunculkan kontroversi dan pertanyaan besar bagi sebagian rekan – rekan, sebab yang mereka tau mutasi itu bisa terjadi apabila yang bersangkutan melakukan permohonan dengan alasan tertentu dan logis.
Selama ini yang sering didengar adalah mutasi pimpinan sebuah Lembaga, Departemen, Badan Usaha, atau perusahan dengan alasan yang jelas, tetapi kalau seorang tenaga pendidik tanpa alasan dan atau permohonan lalu dimutasikan itu namanya luar biasa. Seperti kasus yang juga melanda salah seorang rekan kami 3 tahun lalu yang dimutasi kedaerah lain tanpa dia ketahui dan bahkan tanpa mengajukan permohonan mutasi, lalu disisi lain ada orang yang mengusulkan untuk dimutasi tetapi tidak direspon. Hal – hal yang seperti ini tentu saja mengundang pertanyaan? Kenapa dan apakah memang ada jalan seperti itu?
Berbagai persepsipun muncul, ada yang mengatakan itu permintaan dari Depdiknas dan juga ada yang mengatakan kebijakan PEMDA untuk melakukan pemerataan tenaga guru disetiap sekolah – sekolah disetiap daerah. Namun demikain jika dinalar dengan baik dan bijak Depdiknas maupun PEMDA juga tidak akan melakukan mutasi sembarangan tanpa ada data dari unit kerja masing – masing instansi. Lalu bagaimana dengan orang yang sudah hampir pensiun dan bahkan SK pensiunnya sudah diterimah tetapi ko’ masih dimutasi juga. Ada apa ini? Diusir apa dimutasi. Nah kalau melihat dan mencermati penomena yang menimpa beberapa rekan kami ini, karena sekolah tempat yang bersangkutan juga kekurangan tenaga, sama dengan tenaga yang dimutasi sementara itu sekolah tempat mereka dimutasikan tenaga yang sama juga lebih di sekolah tersebut. Nah kalau demikain ada apa dengan Mutasi? Silahkan tanggapi dan persepsikan masing masing.

0 comments:

Post a Comment

 
Top