Refleksi 65 tahun Kemerdekaan RI 
Sebagai upaya konkrit untuk mencerdaskan Kehidupan Bangsa seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 memang masih jauh dari harapan kita.  Walaupun fakta sebenarnya UUD 1945 telah memberikan jaminan kepada seluruh anak bangsa untuk memperoleh pendidikan seperti yang tercantum dalam Pasal 28c ayat 1) Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. **).

Meskipun bangsa ini telah terbebas dari belanggu penjajahan tetapi tetapi masih tetap saja terjajah. Terjajah dalam artian bahwa kesempatan anak – anak bangsa untuk mengecap pendidikan masih terbelenggu seperti jaman Penjajahan masa lalu dimana orang yang yang berhak mengecap dan mengakses pendidikan adalah golongan orang - orang tertentu. Inilah kenyataan yang sulit dipungkiri di negeri tercinta ini.
 
Hal inilah yang melandasi, kenapa para aktivis mahasiswa melakukan aksi damai didepan Gedung DPR/MPR siang kemarin dan mereka ngotot ingin menemui presiden karena mereka ingin menyampaikan langsung tentang aspirasi terkait dengan biaya pendidikan yang kian mahal. Mereka menunutut pendidikan murah, Murah bukan berarti murahan tetapi Murah dalam artian pelaksanaan dan pembiayaannya harus direncanakan, dikaji, dievaluasi, dan dijalankan sesuai dengan amanat konstitusi. Melihat apa yang diamanatkan dalam undang – undang SISDIKNAS antara lain bahwa setiap warga Negara yang memiliki bakat dan kecerdasan istimewa berhak mendapatkan pendidikan khusus, disamping itu juga setiap peserta didik pada suatu jenjang pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidkan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya (pasal 12 ayat 1b). Tentu saja apa yang telah diamanatkan didalam UUD 1945 kemudian dijabarkan dalam UU SISDIKNAS memberikan harapan besar kepada semua anak bangsa untuk bisa mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik dan bermutu. Merdeka!

0 comments:

Post a Comment

 
Top