Dari Pemberitaan media TV, tentang Jam Menara Mekkah, subohanallah, ini adalah merupakan pertanda keagungan islam dan sekaligus jadi kebanggan tersendiri bagi ummat islam.
Kehadiran Jam Mekkah ini sebagai jam terbesar setelah Big Ben yang terkenal sebagai landmark Kota London. Jam Mekkah ini memiliki tinggi sekitar 600 meter yang terdiri dari empat sisi. Yang diatasnya dipasang bentuk bulan sabit. Percobaan Jam Mekkah ini dimulai seiring masuknya permulaan Ramadan 1431 H.
Jam Mekkah ini yang dibangun menghadap ke Masjid Agung Mekkah dari atas gedung kedua tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa, di Dubai.diharapkan bisa menjadi alternative standar waktu setelah Greenwich yang telah menjadi acuan standar waktu internasional Greenwich Mean Time (GMT).
Berdasarkan Kutipan berita dari Tempointeraktif, Pendirian Menara Jam Mekkah ini juga bertujuan agar Mekkah menjadi patokan waktu dunia. Selama 125 tahun ini, dunia internasional hanya mengenal satu standar waktu yakni jam yang dihitung dari bujur 0 derajat yang melewati Observatorium Greenwich. Standar inilah yang ingin ditantang Mekkah.

Menurut ulama Mesir Yusuf Qardawi, Mekkah lebih tepat ditetapkan menjadi poros bumi. Dalam talkshow Syariah dan Kehidupan, Yusuf menegaskan bahwa Mekka adalah meridian utama dan menjadi "titik keselarasan magnetis sempurna".

Dia mengklaim kota suci Mekkah adalah "nol zona magnet". Data ini dikuatkan oleh beberapa temuan ilmuwan Arab seperti Abdul Basyit dari Pusat Penelitian Nasional Mesir yang mengatakan bahwa tidak ada gaya magnet di Mekkah.

"Itu sebabnya jika seseorang tinggal di sana atau melakukan perjalanan di sana, orang akan lebih sehat karena tak dipengaruhi magnet bumi," katanya seperti dikutip Telegraph.
Ilmuwan Barat menetang pernyataan tersebut. Mereka mencatat bahwa magnet Kutub Utara
adalah fakta. Gaya itu melintasi garis bujur Kanada, Amerika Serikat, Meksiko dan Antartika.

0 comments:

Post a Comment

 
Top