Dalam Pelaksanaan ujian Nasional tahun ini, Paket Ujian Nasional terdiri atas 5 Paket setelah Mendiknas resmi menyampaikan mengenai pemberlakuan 5 paket ujian nasional untuk tingkat SMA/MA atau yang sederajat. Selanjutnya seperti yang tertuang dalam  PERATURAN  BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN NOMOR 0149/P/BSNP/XII/2010 TENTANG PROSEDUR OPERASI STANDAR  PENCETAKAN BAHAN UJIAN NASIONAL SD/MI, SDLB, SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, DAN SMK TAHUN PELAJARAN 2010/2011 pada Lampiran POS Pencetakan Bahan Ujian Nasional bagian V  (Pengamplopan).



Hasil cetakan dimasukkan ke dalam amplop dengan ketentuan sebagai berikut:
1.  Pengamplopan  bahan  UN  Utama  dan  UN  Susulan  dibuat  secara  terpisah,  yang masing-masing diberi kode tersendiri.
2.  Hasil cetakan dimasukkan ke dalam amplop dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Naskah soal UN  terdiri atas 5 Paket yang dimasukkan ke dalam amplop naskahsoal  per  mata  pelajaran  per  ruang  ujian,  untuk  ruang  yang  jumlah siswanya kurang dari 20 orang jumlah naskah disesuaikan;
b. Setiap paket mata pelajaran diberi kode yang berbeda;
c. LJUN sejumlah 20 eksemplar, blanko daftar hadir sejumlah 3 lembar, dan berita acara sejumlah 3 lembar dimasukkan ke dalam amplop LJUN per mata pelajaran, per ruang ujian;
d. Naskah  Soal  UN  cadangan  sejumlah  1  eksemplar  kali  jumlah  ruangan  dalam satuan  pendidikan,  dimasukkan  dalam  amplop  naskah  soal  UN  cadangan  dan dilak; 
e.  LJUN  cadangan  sejumlah  1  eksemplar  kali  jumlah  ruangan  dalam  satuan pendidikan, dimasukkan dalam amplop naskah soal UN cadangan dan dilak; 
f.  Setiap amplop yang telah diisi bahan UN ditutup rapat dan  dilak; 
3.  Naskah  soal  UN,    LJUN,  dan  amplop  cadangan  untuk  setiap  sekolah/madrasah penyelenggara dimasukkan ke dalam dus dan dipak.
Bersumber dari fakta inilah bahwa Pelaksanaan ujian nasional tahun pelajaran 2010/2011 tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, meskipun penjelasan lebih lanjut mengenai penerapan 5 paket soal ini dalan satu ruang ujian belum jelas tetapi dari berbagai sumber yang yang dirilis disitus internet sudah menggambarkan tentang perkiraan formasi penyaluran paket dalam ruang ujian, misalnya; Paket A, B, C, D, dan E dalam satu ruang ada 20 orang peserta UN maka akan ada 4 orang siswa yang mendapat paket soal yang sama.
Tujuan dari penambahan paket soal ini, bila dicermati tidak lain adalah untuk menekan kecendrungan siswa atau peserta ujian untuk saling bekerjasama dan sekaligus menghindari terjadinya praktek mafia ujian nasional yang selama ini menjadi tren setiap kali pelaksanaan ujian Naional.
Harapan dari penerapan 5 Paket soal ini kiranya mampu mengangkat reputasi ujian Nasional sebagi tolok ukur kemampuan peserta didik secara Nasional. Sukses Ujian Nasional 2011.

0 comments:

Post a Comment

 
Top